Bimtek Aplikasi Smart Desa
LATAR BELAKANG
Peningkatan profesionalisme SDM dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas pelayanan, mengingat bahwa Sumber Daya Manusia aparatur pelayanan memiliki peran strategis sebagai pendorong (key leverage) dari reformasi birokrasi. Adapun arah kebijakan pembangunan di bidang aparatur negara adalah meningkatkan profesionalisme, netralitas dan kesejahteraan SDM aparatur. Peningkatan kualitas SDM aparatur diarahkan untuk mewujudkan SDM aparatur yang profesional, netral, dan sejahtera Hal tersebut mengindikasikan sangat pentingnya profesionalitas aparatur dalam rangka meningkatkan dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintah desa.
Aspek-aspek atau bidang yang hendak dibangun ditingkat pemerintahan desa atau pemeritahan terendah adalah profesionalisme aparat pemerintah desa dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi pemerintahan, disamping memperkuat partisipasi masyarakat dan kelembagaannya serta aspek-aspek lainnya. Keberadaan aparat desa yang juga diserahi tugas dibidang administrasi, menduduki posisi yang sangat penting karena sebagai organ pemerintahan yang paling bawah. Dengan demikian aparat desa dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan penyajian data dan informasi yang sangat dibutuhkan, semakin dituntut adanya kerja keras dan kemampuan yang optimal guna memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan khusus nya tugas administrasi desa. Hal ini berkaitan dengan penyajian administrasi data desa yang secara tertib dan teratur harus dilaksanakan di tingkat desa demi data desa yang akurat
Maka untuk meningkatkan manajemen Pemerintahan Desa perlu dilakukan penataan administrasi agar lebih effektif dan effisien, penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, maka perlu dilakukan langkah penyempurnaan terhadap pelaksanaan administrasi.
Ada beberapa pengertian secara rinci terkait Penyelenggaraan Administrasi Desa yakni :
-
Administrasi Umum adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Kegiatan Pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum di Desa.
-
Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk di Desa.
-
Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan pada Buku Administrasi Pembangunan di Desa
JALAN KELUAR
Software Sistem Terpadu Administrasi Data Desa Online adalah sistem database kependudukan yang dirancang dengan sistem pelayanan satu pintu (one gate service) sehingga memudahkan sistem pelayanan di desa atau kelurahan secara cepat dan akurat. Apalagi sudah dilengkapi versi online yang bisa membantu masyarakat mengurus surat-surat atau perijinan cukup via laptop pribadinya atau Handphone. Setelah masyarakat login dan input kebutuhan administrasinya maka tinggal datang ke kantor Desa atau Kelurahan untuk mengambil print outnya yang butuh kelengkapan stempel dan tanda tangan Kepala Desa atau Kelurahan
Software Sistem Terpadu Administrasi Data Desa Online berisi sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan saling berinteraksi dan bekerjasama antar bagian satu dengan yang lainnya untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data, kemudian mengolahnya (Processing) dan mengeluarkan keluaran (output) berupa informasi untuk mendukung kegiatan operasional dan managerial dalam sistem data di desa atau kelurahan.
KELEBIHAN SISTEM TERPADU MANAJEMEN DATA DESA ONLINE
- Validasi data penduduk secara otomatis
- Software terlengkap dari semua pembanding yang ada: 12 Menu 80 Sub Menu
- Dirancang sesuai dengan perundang undangan dan kebutuhan desa
- Memperkuat sistem informasi dan administrasi kependudukan di tingkat desa dan kelurahan
- Mampu menampilkan data DPT dalam pemilihan umum dan pilkades dengan sangat akurat
- Perekaman data kependudukan sangat efesien, cepat dan akurat
- Mampu meminimalisir kemungkinan kesalahan input data
- Berkemampuan memberi laporan dengan detail dan sesuai kebutuhan
- Memiliki menu terlengkap sesuai dengan kebutuhan saat ini
- Cukup 1 menit untuk proses administrasi data desa
- Semua kebutuhan administrasi surat atau perijinan cukup via laptop pribadi atau HP, karena basis web base dan Online.
FITUR / MENU DAN SCHREENSHOT APLIKASINYA
Sistem Terpadu Administrasi Data Desa merupakan aplikasi yang dibangun berbasis website, sehingga menjadikan aplikasi ini ringan dan dapat dengan mudah diinstalasi dan digunakan. Aplikasi ini didedikasikan untuk mendorong terbangunnya keterbukaan era informasi publik di Indonesia.
Sistem Tersebut ditujukan bagi aparat pemerintahan desa agar dapat mengelola data administrasi desa dalam sebuah sistem informasi dan pelaporan elektronik yang terpadu sesuai dengan UU 6 tahun 2014 Tentang Desa, PP 43 tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6 tahun 2014 Tentang Desa, dan PP 47 tahun 2015 Tentang Perubahan atas PP 43 tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU 6/2014 Tentang Desa, serta Peraturan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Nomor 1 tahun 2015 Tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa; Bab III Pasal 8 huruf b “Pengembangan Sistem Administrasi dan Informasi Desa”.
Dibangun dengan prinsip kemudahan (user friendly), program aplikasi ini memberikan kemudahan dalam penginputan dan pengolahan administrasi data desa. Khusus kebutuhan surat menyurat atau perijinan, masyarakat tinggal login sesuai alamat yang diberikan Desa/Kelurahan masing-masing dan langsung menginput kebutuhannya. Modul Sistem Terpadu Administrasi Data Desa meliputi:
- DASBOARD
- SETTING DATA DESA
PROFIL DESA
- Data Desa
- Umum
- Keuangan
- Kelembagaan
- Keamanan Dan Ketertiban
- Lingkungan Hidup
- Cacat Mental Dan Fisik
- Barang Inventaris Desa
- Profil Desa
STRUKTUR DESA
- Data Kepala Desa
- Sekretaris Desa
- Data Kaur
- Kepala Dusun
- Hansip
- BPD
- LPM
- Lembaga Adat
- TP PKK
- Bumdes
- Karang Taruna
- Data RT
- Data RW
- Lembaga Kemasyarakatan Lainnya
PARAMETER
- Dusun
- Golongan Darah
- Pekerjaan
- Status Perkawinan
- Pendidikan Terakhir
- Agama
- Suku
- Dapat Membaca Huruf
- Status Tempat Tinggal
- Kedudukan Dalam Keluarga
- Status Kepemilikan KTP
- Status Kepemilikan Kartu Keluarga
- Penghasilan Tetap
- Status Sosial
- Status Kepemilikan Kartu Indonesia Sehat
- Status Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar
ADMIN PENDUDUK
- Data Induk Penduduk
- Daftar Kartu Keluarga
- Meninggal Penduduk
- Pindah Penduduk
- Pemilih Tetap(DPT)
GRAFIK PENDUDUK
- Berdasarkan Kelompok Umur
- Dusun
- Golongan Darah
- Pekerjaan
- Status Perkawinan
- Pendidikan
- Agama
- Suku
- Jenis Kelamin
- Kewarganegaraan
- Dapat Membaca Huruf
- Status Tempat Tinggal
- Status Kepemilikan KTP
- Status Kepemilikan Kartu Keluarga
- Kedudukan dalam Keluarga
- Penghasilan Tetap
- Status Sosial
- Status Kepemilikan Kartu Indonesia Sehat
- Status Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar
SURAT-MENYURAT
- Surat Pengantar KTP
- Pengantar Kartu Keluarga
- Keterangan Tidak Mampu
- Keterangan Domisili
- Keterangan SKCK
- Keterangan Usaha
- Penguasaan Keterangan Tanah
- Keterangan Lainnya
- Keterangan Desa
ADMIN PEMBANGUNAN
- Data Rencana Pembangunan
- Data Kegiatan Pembangunan
- Data Inventaris Proyek
ARSIP SURAT
- Data Surat Masuk
- Data Surat Keluar
ADMIN BPD
- Data Keputusan BPD
- Data Kegiatan BPD
- Data Anggota BPD
BACKUP DATABASE
SCREENSHOOT
Dasboard
Setting Data Desa
Parameter
Grafik Penduduk
Surat Menyurat
Admin Pembangunan
No | Produk | Jumlah | Harga | Keterangan |
1 | Software Smart Desa | 1 Kabupaten | – | |
2 | Bimtek | 1 Desa | – | Bimtek selama 2 hari |
Total |
PORTOFOLIO
Kabupaten-Kabupaten yang sudah menggunakan Aplikasi Data Desa Terpadu:
- Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah
- Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat
- Kabupaten Kutai Kartanegara-Kalimantan Timur
- Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah
- Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara
- Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah
Biaya Pelatihan
Biaya pelaksanaan pelatihan @Rp. 5.000.000,-/peserta
Fasilitas Pelatihan :
Fasilitas yang akan diberikan kepada peserta berupa :
- Bahan Ajar Narasumber
- Pedoman Peserta Pelatihan
- Flash Disk Softcopy bahan ajar Smart Desa
- Seminar Kits
- Sertifikat Pelatihan
- Coffee Break
- Tas
- Penginapan 4 hari 3 malam (Breakfast, Lunch & Dinner)
- Apilikasi Smart Desa
Narasumber
Tim Programmer APLIKASI – BPPKPD
Jadwal Pelatihan
DEC |
02 - 05 |
05 - 08 |
09 - 12 |
12 - 15 |
16 - 19 |
19 - 22 |
23 - 26 |
26 - 29 |
Libur |