Bimtek Aplikasi SMART BUMDES
Aplikasi Smart Bumdes
Pendahuluan
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus melakukan pencatatan atau pembukuan yang ditulis secara sistimatis dari transaksi yang terjadi setiap hari. Pencatatan transaksi itu umumnya menggunakan sistem akuntansi. Fungsi dari akuntansi adalah untuk menyajikan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal dan sebagai dasar membuat keputusan. Pihak internal BUMDes adalah pengelola dan Dewan Komisaris, sedangkan pihak eksternal adalah Pemerintah Kabupaten, Perbankan, masyarakat yang memberikan penyertaan modal, dan petugas pajak
Secara umum tujuan dilakukannya pembukuan BUMDes adalah:
- Untuk mengetahui perkembangan dari waktu ke waktu, baik perkembangan omzet penjualan, laba/rugi maupun struktur permodalan.
- Untuk mengetahui kemungkinan kerugian sejak dini, sehingga gulung tikar bisa dihindari
- Untuk mengetahui kondisi persediaan barang/jasa setiap saat. Sehingga dapat digunakan untuk menyusun strategi manajemen persediaan. Pada unit usaha dagang yang disebut persediaan adalah barang dagangan. Pada unit usaha industri adalah persediaan bahan mentah, barang dalam proses maupun barang jadi, Sedang pada unit simpan pinjam adalah persediaan uang.
- Untuk mengetahui sumber dan penggunaan dana BUMDes, sehingga bisa mengevaluasi kinerja keuangan BUMDes seperti likuiditas, solvabilitas maupun rentabilitas perusahaan.
APLIKASI AKUBUMDES
Aplikasi Akubumdes merupakan aplikasi Sistem Informasi Terintegrasi-Keuangan BUMDes yang dibangun berbasis web dengan bahasa pemograman PHP serta menggunakan database MySQL, sehingga menjadikan aplikasi ini ringan dan dapat dengan mudah diinstalasi dan digunakan. Aplikasi ini juga mampu dijalankan melalui jaringan intranet maupun jaringan berbasis client server serta jaringan berbasis online internet. Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu tata kelola bagi BUMDes.
Aplikasi keuangan integrasi Bumdes yang dibuat berdasarkan standar IAI ( Ikatan Akuntan Indonesia ) dan dipandu oleh Tim Ahli Keuangan Desa yang sudah berpengalaman pada kebutuhan teknologi desa. sehingga kebutuhan pengembangan Bumdes sudah terakomodir semua.
Produk ini terlahir karena banyaknya keluhan terhadap software keuangan yang beredar selama ini, software ini memang dibuat dengan tujuan dan pengalaman bertahun-tahun tentang keuangan desa. Selain canggih juga familiar bagi pemakainya, hingga diharapkan SDM masyarakat desa mampu menggunakannya
Aplikasi Akubumdes ditujukan untuk penyusunan pelaporan keuangan BUMDes diantaranya Laporan Laba-Rugi, Laporan Buku Besar beserta sub-subnya, antara lain Kas, Bank, Piutang, Persedian dst, Neraca BUMDes, serta mampu mengakomodir pengembangan BUMDes hingga tanpa batas Unit Usahanya.
Semua pelaporan secara otomatis terekap sendiri, sehingga operator tidaklah sulit untuk membuat laporan akuntansinya, semuanya tinggal diprint saja.
Parameter Informasi Tentang BUMDes;
Masing – masing Modul diatas memiliki bermacam – macam menu yang dapat membantu pengguna dalam mengelola keuangan BUMDes, berikut penjelasannya :
a. Akun
- Akun Global
- Akun Unit Usaha
- Saldo Awal
- Jurnal Umum
- Kas Masuk
- Kas Keluar
- Rekonsiliasi Bank
- Bagi Hasil
- Bayar Hutang Bagi Hasil
- Set Link Akun
- Set Diskon Member
b. Inventory
- Daftar Stok
- Penyesuaian Stok
c. Pembelian
- Pembelian
- Retur Pembelian
- Pembayaran Hutang
- Lihat Jurnal
- Buku Pembantu
d. Penjualan
- Penjualan
- Retur Penjualan
- Penerimaan Piutang
- Lihat Jurnal
- Jurnal Pembantu
e. Kartu File
- Kartu Pelanggan
- Kartu Pemasok
f. Laporan
- Stok Barang
- Buku Besar
- Buku Bantu Hutang
- Buku Bantu Piutang
- Buku Bantu Bagi Hasil
- Neraca Saldo
- Neraca
- Laba-Rugi
g. Jasa / Sewa
- Atur Jenis Jasa/Sewa
- Penerimaan Jasa/Sewa
- Lihat Jurnal
SEBAGIAN SCREENSHOT AKUBUMDES
Log in Aplikasi Akubumdes
Akun
Inventory
Pembelian
Penjualan
Laporan
Pengaturan Unit Simpan Pinjam
Pengaturan Jasa Sewa
Unit Layanan Keuangan + Menu
No | Materi | Durasi | Jumlah | Harga | Keterangan |
1 | Software Akuntansi-Akubumdes | 1 | Harus dalam format pelatihan | ||
2 | Pelatihan/Bimtek | 2 hari |
PENUTUP
Dengan telah tersedianya Aplikasi Keuangan Akubumdes, kami mengharapkan akan membantu tata kelola keuangan Bumdes menjadi lebih baik. Ide besar Nawacita dimulai dari sistem tata kelola keuangan yang baik, yang dibackup Sistem aplikasi terbaik hingga berkembanganya lembaga Bumdes menjadi unggulan peningkatan potensi ekonomi desa bukanlah sesuatu yang sulit.
Biaya Pelatihan
Biaya pelaksanaan pelatihan ini Rp. 5.000.000,-/peserta
Fasilitas Pelatihan :
Fasilitas yang akan diberikan kepada peserta berupa :
- Bahan Ajar Narasumber
- Seminar Kits
- Sertifikat Pelatihan
- Coffee Break
- Tas
- APLIKASI AKUBUMDes
- Penginapan 4 hari 3 malam (Breakfast, Lunch & Dinner)
Jadwal Kegiatan
Lokasi Kegiatan : Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Batam, Medan, Padang, Ambon, Manado, Samarinda, Balikpapan, Makassar dan Kota Lainnya
JULI AUGUS SEPT OCT NOV DEC
- 01 - 04 02 - 05 03 - 06 04 - 07 02 - 05
- 05 - 08 05 - 08 07 - 10 07 - 10 05 - 08
- 08 - 11 09 - 12 10 - 13 11 - 14 09 - 12
- 12 - 15 12 - 15 14 - 17 14 - 17 12 - 15
- LIBUR 16 - 19 17 - 20 18 - 21 16 - 19
- 19 - 22 19 - 22 21 - 24 21 - 24 19 - 22
22 - 25 22 - 25 23 - 26 24 - 27 25 - 28 23 - 26
25 - 28 26 - 29 26 - 29 28 - 31 28 - 01 26 - 29
29 - 01 29 - 01 30 - 03 31 - 03 - Libur